Pembangunan Puskesmas Pematang Gubernur kota Bengkulu Sesuai DED

0
130

Independentnusantara.id – Kota Bengkulu] “Detail Engineering Design (DED) dalam Pekerjaan Konstruksi dapat diartikan sebagai produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan (gambar kerja) detail bangunan sipil seperti gedung, yang di aplikasikan dalam soft drawing agar kontraktor pelaksana tidak menyalahi kontrak apabila melaksanakan paket proyek pemerintah” jawab  pelaksana pembangunan Puskesmas Pematang Gubernur Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu, ketika dikonfirmasi via seluler 7/10/22.

Untuk memperjelas keterangan dimaksud kontraktor pelaksana pembangunan PKM tersebut bahkan mengirimkan gambar dari Pembangunan gedung berlantai 2 tersebut kepada redaksi kami.

Setelah kami berkoordinasi dari sumber yang dapat dipercaya, menjelaskan bahwa “untuk pengerjaan item pekerjaan SL.1 sudah di buat sesuai gambar dan RAB yg sudah di rencanakan.”
“Untuk item pekerjaan pondasi batu kali memang ada, tapi tidak di semua posisi SL.1 dan SL.2 itu di pasang pondasi batu kali.”

Untuk pemasangan pondasi batu kali itu di pasang di posisi SL.2 mengacu sesuai dengan gambar rencana dan RAB yg sudah ada ! ini bisa di lihat di gambar rencana pondasi batu kali dan sloof.

Menangggapi berita yang diterbitkan oleh media “BR” pihak pelaksana kegiatan menyatakan “bahwa berita itu diterbitkan tanpa konfirmasi kepada pihak pelaksana ataupun PPTK,  Itu hanya diterbitkan berdasarkan penilaian sepihak. sedangkan pembangunan baru dimulai, mana bisa ada upaya untuk mengurangi Volume. Sebab pelaksanaan kegiatan tersebut mempunyai personil yang lengkap seperti konsultan perencana, konsultan pengawas, PPTK dan pengawas lapangan yang memantau detail pekerjaan agar tidak menyalahi kontrak yang berafiliasi dengan progress, time schedule dan RAB sehingga eksalarasinya tepat.”

Berbicara mengenai struktur sloof PKM  2 lantai tersebut berdasarkan desain yang sudah melalui kajian analisis lapangan Sehingga, bisa diketahui bentuk struktur serta beban apa saja yang harus ditahan oleh bangunan.

Jika kondisi tanahnya bagus maka cukup memakai foot plat. sloof bertulang besi dikunci dengan istilah  cakar ayam.

“Sedangkan, jika kondisi tanahnya kurang bagus misalnya agak lunak maka bisa ditambahkan dengan pasangan batu kali agar kuat. sebagai pijakan pondasi.”

“Menurut penanggung jawab kegiatan bangunan PKM tersebut sedang berproses. Dan kami punya hak jawab yang menurut kami sudah sesuai dengan RAB dan gambar yang ada.”

Editor : Sadikin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here