Masa Ngamuk di Kantor PT Pamor Ganda Bengkulu Utara

0
41

Bengkulu Utara| IN.ID~Kerusuhan terjadi di Kantor Pusat PT. Pamor Ganda Bengkulu Utara. Ratusan warga nampak menyerang kantor perusahaan perkebunan karet itu dengan lemparan batu. Sejumlah kaca dan pot bunga nampak rusak dan berserakan, Kamis, (14/07/2022).

Kerusuhan ini dipicu lantaran warga mengaku kesal dengan perusahaan yang mengabaikan kesepakatan (mediasi antara perusahaan, pemda, dan warga) yang dibuat sehari sebelumnya agar pihak perusahaan mengukur ulang Afdeling 1 PT. Pamor Ganda.

Warga menduga Afdleing 1 perusahaan tersebut yang diklaim sejumlah 450 hektar tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Warga mencurigai Afdeling 1 perkebunan tersebut lebih dari 800 Hektar atau berada di luar HGU.

Kerusuhan juga dipicu oleh pihak perusahaan yang mengabaikan surat Gubernur Bengkulu yang menginstruksikan agar perusahaan menghentikan sementara aktifitas replanting sebelum perusahaan memenuhi tuntutan warga yang meminta alokasi kebun plasma 20 persen dari luas HGU.

Sebelumnya warga 3 desa penyangga (Lubuk Mindai, Pasar Ketahun, Pasar Baru) Kecamatan Ketahun, Bengkulu Utara telah berkali-kali menggelar aksi namun tuntutan tak kunjung dipenuhi pemda dan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here