Pemkab Bengkulu Selatan Rancanakan Pengembangan Potensi Lapangan Sekundang Menjadi Sentra Kuliner dan Ruang Publik

0
44

Bengkulu Selatan| IN.ID – Sebagai upaya mendukung tumbuh dan kembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam waktu dekat merencanakan pengembangan fungsi lapangan sekundang untuk dijadikan kawasan sentra kuliner dan ruang publik.

Lapangan Sekundang yang saat ini sehari-harinya hanya digunakan sebagai tempat bermain futsal dan bola volly akan disulap pada saat malam menjadi ruang publik bagi masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan.

Selain sebagai tempat hiburan bagi masyarakat, lapangan sekundang nantinya juga akan menjadi tempat berjualan bagi para pedagang makanan terkhusus kuliner khas daerah, hingga tempat bagi muda-mudi bersantai dan bersosialisasi (hang out).

Lapangan yang berada tepat didepan Balai Sekundang rumah Dinas Bupati Bengkulu Selatan ini nantinya akan menjadi ladang penghidupan bagi para penjual makanan, minuman, seniman daerah, dan beberapa profesi lainnya seperti tukang parkir.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi sangat mendukung pengembangan UMKM melalui hadirnya area kuliner malam di lapangan sekundang yang akan di beri nama “Cinta BS Night Market.

Saat ini masih dalam tahap persiapan dan dalam waktu dekat akan segera launching” kata Bupati Gusnan Mulyadi saat meninjau lokasi di lapangan Sekundang, Senin (20/6/22).

Ini merupakan salah satu hal positif, mendorong kuliner lokal seperti lemang, tapai entah itu serawaw, atau bungkul, kue tat, lempai serta jajanan tradisional lainnya, ataupun yang berjualan jajanan kekinian kita persilahkan. Kami juga sedang kampanye agar masyarakat mengkonsumsi brand lokal,” ungkap Bupati Gusnan.

Pengembangan fungsi kawasan lapangan Sekundang ini juga nantinya akan menjadi spot bagi muda-mudi Bengkulu Selatan untuk bersosialisasi, sehingga nantinya muda mudi Bengkulu Selatan, yang biasanya nongkrong di pinggir jalan, balap-balap liar, nantinya perlahan akan bergeser ke area lapangan Sekundang. Pemerintah Daerah juga rencananya akan memfasilitasi dengan menyediakan beragam fasilitas.

Kami sudah instruksikan dengan Kominfo untuk Icon+ sebagai mitra provider layanan internet Pemerintah Daerah untuk menyediakan internet gratis di beberapa titik di lapangan Sekudang. Sarana dan prasarana lain seperti gedung untuk pentas, lampu-lampu hias dan penerangan, juga gedung perpustakaan yang rencananya akan di bangun disini, serta akan kita adakan even-even di setiap minggunya, entah itu Band-band lokal yang akan tampil, ataupun kesenian lokal yang akan dipentaskan, kita akan fasilitasi” tambah Gusnan.(Adv) (ref/AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here