Pemdes Talang Indah Gelar Acara Musyawarah Penetapan Penerima BLT DD Tahun 2022

0
50

BENGKULUSELATAN| IN.ID – Pemerintah desa Talang Indah, Kecamatan Bunga Mas, Kabupaten Bengkulu Selatan mengadakan Musyawarah Desa Khusus (musdessus) penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (KPM-BLT) dana desa (DD), Kamis (17/2/2022) di kantor desa setempat.

Musyawarah penetapan BLT DD dipimpin langsung oleh Suadi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Talang Indah. Sebagai ketua BPD, Suadi dalam menerima aspirasi masyarakat secara terbuka untuk menetapkan layak dan tidak layaknya data yang dikumpulkan oleh tim.

Dan selanjutnya bersama-sama data tersebut dianalisa menjadi penerima BLT DD dengan enam poin pertimbangan buat penerima.Musyawarah berakhir dengan kata sepakat ditetapkan 67 KPM.

Jumlah penerima BLT DD tersebut diambil dari 40% komulatif anggaran untuk penerima BLT yang dilandasi dari hasil berita acara musyawarah desa khusus, untuk masyarakat desa Talang Indah, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah desa dan masyarakat.

TNI, POLRI berharap musyawarah tetap kondusif dan sesuai aturan. Kepala desa Talang Indah, Suli, menjelaskan penetapan jumlah penerima BLT DD berdasarkan keputusan bersama masyarakat dalam musyawarah yang di ikuti anggota BPD selaku wakil masyarakat dan Pemerintah Desa selaku instansi yang mengelola anggaran BLT DD.

Musyawarah khusus penetapan BLT DD anggaran tahun 2022 ini diputuskan sejumlah 76 KPM dari hasil musyawarah terbuka, transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi dan benar-benar layak menerima sesuai dengan enam kriteria yang ada dan tidak tumpang tindih dengan penerima bantuan pemerintah PKH dan BPNT.

Keputusan penetapan penerima tidak ada intervensi dari kepala desa maupun dari BPD, murni hasil musyawarah ditetapkan bersama,” ucap Suli.

Sekdes Talang Indah menerangkan bahwa penerima BLT diluar penerima bantuan PKH dan BPNT. Musyawarah penetapan penerima BLT DD dibuka secara transparan dengan tujuan masyarakat Talang Indah memahami dan menghindari kisruh serta tanda tanya dikemudian hari.

Buat KPM BLT DD khususnya desa Talang Indah dapat memanfaatkan bantuan ini sesuai keperluan dan kebutuhan masing-masing demi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian rumah tangga yang semakin sulit akibat dampak dari bencana covid-19,” himbau sekdes.

Kapolsek Manna, Iptu Yepi Mulyadi menghimbau masyarakat tetap patuhi prokes.
Dalam musyawarah ini dia juga menyampaikan kepada masyarakat agar melaksanakan serta mengikuti musyawarah secara bijak dengan tetap mengedepankan persaudaraan dan tetap melaksanakan prokes, memakai masker, jaga jarak, jaga keluarga, karena bencana wabah covid varian baru Omicron mulai melanda Kabupaten Bengkulu Selatan.

Demikian juga Camat Bunga Mas Tanzaral Amri SSos, dalam arahannya menekankan musyawarah penetapan BLT tetap harus sesuai aturan.

Saya meminta kepada Pemerintah desa untuk melaksanakan penetapan calon penerima BLT DD harus berdasarkan aturan yang berlaku,” kata Tanzaral.

Acara berjalan alot berakhir dengan lancar dihadiri unsur Tripika Bunga Mas, Polsek Manna Iptu Yepi Mulyadi, babinsa, pendamping desa, Pendamping Lokal desa dan masyarakat desa Talang Indah.(rep/Ah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here