Kades Padang Manis Kecamatan Manna Salahkan Warga,Puluhan Batang Bibit Mati.

0
1329

Bengkulu Selatan| IN.ID~ Puluhan batang bibit durian ditemukan mati di kantor desa Padang Manis kecamatan Manna kabupaten Bengkulu Selatan.Ditemukan puluhan bibit durian yang dalam keadaan mati tersebut saat awak media berkunjung kekantor desa setempat tgl 23 april 2022.

Saat di konfirmasi kades Padang Manis Hartan,kenapa puluhan batang bibit durian itu mati hartan menjelaskan kepada awak media ,penyebab matinya bibit saat dibagikan ke warga. Warga banyak yang berdesakan sehingga terjadi saling tarik menarik akhirnya bibit jadi layu dan mati jelas Hartan.

Pengadaan ratusan bibit durian yang tujuannya untuk ketahanan pangan nabati dari anggaran 20% dana desa dinilai kurang bermanfaat bagi warga setempat ,pernyataan itu di katakan Hamdani salah satu aktivis warga Bengkulu Selatan dijelaskan hamdani pengadaan bibit durian seperti yang terjadi di desa Padang Manis ini diduga ada unsur dipaksakan dan ladang mencari keuntungan karena dari kualitas bibit itu sangat diragukan mutunya dari mana asal bibit dan kenapa harus dikerjakan pihak ketiga apa TPK yang di SK kan kades tidak bisa belanja sendiri dan mencari bibit yang berkualitas serta survei harga dibeberapa tempat.

Lanjut hamdani penggunaan dana 20% ketahanan pangan itukan sudah diatur oleh permendes no 7 tahun 2021.Prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2022 untuk jenis nabati itu di prioritaskan tanaman yang bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu singkat ,seperti jagung ,padi,ubi dan lain-lain yang bisa dipanen dalam waktu hitungan bulan.

Tegas hamdani kenapa harus dipaksakan bibit durian jangka waktu yang panjang baru bisa di manfaatkan, kejadian di desa Padang Manis ini harus ditelusuri siapa aktor entlektualnya dibalik semua ini,

karena adanya dugaan masalah,agak dipaksakan, dimana pendamping desa yang katanya ditugaskan memprivikasi dan kenapa bisa lolos ditingkat kecamatan yang katanya ada tim evaluasi siapa yang paling bertanggung jawab ? Tentu harus di buktikan ditingkat kabupaten yang punya kewenangan melakukan audit yaitu inspektorat.

Maka dalam waktu dekat ini saya pastikan surat laporan ke inspektorat Bengkulu Selatan akan saya layangkan tegas hamdani yang akrap dipanggil dang ham. (Edtr/Tp).(Rep/Ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here