Program Ketahanan Pangan Dana Desa Di Bengkulu Selatan Diduga Tidak Tepat Sasaran

0
642

Bengkulu Selatan | IN.ID~ Penggunaan dana desa untuk tahun anggaran 2022 di Bengkulu Selatan diduga belum juga tepat sasaran khususnya yang berhubungan dengan dana 20% untuk ketahanan pangan.

Ada beberapa desa di kecamatan Manna, Bunga mas dan kecamatan Seginim ditemukan pengadaan bibit yang jangka panjang baru bisa dimanfaatkan seperti bibit durian ,nangka alpokat, kelengkeng dan jeruk bukan jenis bibit tanaman yang jangka waktu singkat bisa dipanen atau dimanfaatkan seperti jagung,padi,ubi dll.

Yang sudah diatur di permendes no 7 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa yang masuk sekala prioritas menanggapi kejadian ini kadis inspektorat bengkulu selatan hamdan Sarbaini,s.sos  saya sudah sarankan ke desa penggunaan dana desa khususnya ketahanan pangan agar megutamakan yang sekala prioritas pengadaan bibit yang bisa di manfaatkan dalam waktu singkat sesuai petunjuk dari kemendes.

Kalau bibit durian ,nangka ,jeruk kelengkeng itu jangka waktu lama artinya sudah melanggar tidak sesuai petunjuk ujarya. Ditanya awak media apa sangsi nya bagi desa yang melanggar peraturan permendes no 7 tahun 2021, Hamadan kita lihat saja nanti sekarang kita akan berikan arah dulu tegasnya.

Terpisah Hamdani warga Bengkulu Selatan yang akrap di panggil dang ham mendesak pihak inspektorat Bengkulu Selatan untuk segerakan menyikapi kejadian ini dibeberapa desa di kecamatan Bunga Mas dan kecamatan Manna.

Karena masih ada dibeberapa desa diduga sengaja mengadakan pengadaan bibit yang jangka waktu panjang bisa dimanfaatkan, kejadian ini tentu perlu ditelusuri kenapa bisa terjadi. Dimana peran pendamping desa dan kenapa bisa lolos di tingkat kecamatan yang seharusnya ada tim evaluasi.

Tegas Hamdani jadi saya berharap agar pihak inspektorat segera turunkan tim mumpung masih  waktu untuk berbena memberikan pembinaan jangan sampai nanti jadi bom waktu sehingga jadi temuan dan pengembalian( TGR).(Edtr/AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here